Fungsi Vlookup Excel

Tutorial ini sebenarnya versi pelengkap saja dari tutorial saya sebelumnya yg menggunakan video tutorial. Cara penerapannya sih sama saja namun sedikit saya tambahkan opsi saja seperti data validation and sedikit tips shortcut

Saya akan jelaskan menggunakan gambar jadi tidak pake video lagi lantaran microphone saya rusak Don't tell anyone smile

Saya sudah menyiapkan contoh data yg akan menggunakan fungsi Vlookup:

Excel Vlookup (1)

Maaf mungkin gambarnya G jelas ya? maklum saya keliru ngedit nih, sdh terlanjur di publish baru sadar klo gambarnya burem2 gmna gitu. Tapi saya lampirkan file excel hasil akhirnya kok.

Langkah 1

Posisi cursor pada cell yg akan dibuat menu pull drop down dalam contoh ini saya posisikan cursor pada cell B4 lalu pilih tab Data dan pilih opsi Data Validation (lihat gmbr dibawah agar lbh jelas)

Excel Vlookup (2)

Langkah 2

Setelah muncul pop up “data validation” pada tab “Settings” pilih opsi List

Excel Vlookup (3)

Setelah pada kolom Allow terpilih List selanjutnya click icon tanda panah pada kolom Source

Excel Vlookup (4)

Arahkan pada kolom “Jabatan” sesuai dengan maksud kita tadi yaitu membuat menu pull drop down. Jadi anda nantinya tinggal memilih jabatan pada kolom B. Setelah menseleksi kolom “jabatan” tekan entar eh keliru mksd saya enter Smile

Excel Vlookup (5)

Pastikan hasil akhirnya seperti ini:

Excel Vlookup (6)

Dan hasil dari pembuatan menu pull drop down adalah seperti berikut:

Excel Vlookup (7)

Gampang kan? jadi nantinya anda tinggal click icon segita kecil and muncul deh tuh nama2 jabatan (klo listnya sedikit sih memang tidak begitu terasa tapi klo list jabatan sdh lebih dari 20 weeeh bisa hamsyong tuh klo nulis manual apalagi pake fungsi logika).

Langkah 3

Untuk menerapkan pada kolom dibawahnya anda tinggal pilih cell B4 dan click icon dipojok kanan cell B4 sampai muncul tanda plus hitam lalu seret/drag ke bagian bawah. Contohnya seperti ini nih:

Excel Vlookup (8)

Langkah 4

Pada cell disebelahnya yaitu C4 anda tuliskan rumus fungsi VLOOKUP

Excel Vlookup (9)

Namun sebelum membuat fungsi VLOOKUP ada baiknya anda mengetahui untuk data yg akan dijadikan source/sumber pengambilan datanya. Seperti gambar berikut, anda menseleksi tabel yg akan dijadikan sumber dari fungsi VLOOKUP lalu ketikan kalimat simpel aja dan tidak boleh ada spasi ya.  Setelah seleksi tabelnya anda ketik dibagian pojok kiri atas (lihat gmbr dibawah) dan tuliskan misalnya serviceplan lalu enter.

Excel Vlookup (10)

Setelah itu coba anda posisikan ke cell C4 dan anda click icon segitiga kecil pada bagian pojok kiri atas (lihat gmbr) dan disana pastikan tertera nama yg anda buat tadi.

Excel Vlookup (11)

 

Langkah 5

Pada cell C4 anda tulis rumus seperti berikut:

=vlookup(B4;serviceplan;2;false)

Excel Vlookup (12)

maksud dari rumus tersebut adalah:

B4 adalah data yg dijadikan acuan input jadi misal nih di cell B4 itu tertulis Direktur maka selanjutnya akan melihat data base dari direktur tsb terdapat data apa saja

serviceplan adalah nama dari data yg sudah dibuat sebelumnya yg asalnya adalah data base yg digunakan sebagai source/sumber data.

2 adalah dikarenakan ini fungsi vlookup yg berarti mengambil data berdasarkan urutan tabel secara vertikal maka data yg diambil nantinya adalah data yg posisinya berada pada kolom ke 2

false adalah fitur untuk memberikan kita info apabila terjadi kesalahan input dan jika anda mengganti dengan tulisan true maka jika terjadi kesalahan input excel akan mengabaikannya dan mengambil data terakahir dr database anda.

Sebagai penjelasan dari angka 2 pada rumus tsb adalah sebagai berikut:

Excel Vlookup (13A)

Perhatikan urutan kolom dari database yg anda buat, disitulah maksud dari penulisan angka 2 pada rumus vlookup.

Langkah 6

Setelah menuliskan rumus pada cell C4 drag pada cell dibawahnya (bisa jg pake cara copy paste, tapi saya sarankan di drag aja deh hehehe)

Excel Vlookup (13)

 

Langkah 7

Lakukan penulisan rumus vlookup pada cell selanjutnya dan perhatikan data yg akan diambil sebagai data outputny. Perhatikan gmbr berikut pada cell D4 rumusnya dari fungsi vlookup sebagai berikut:

=vlookup(B4;serviceplan;3;false)

Excel Vlookup (14)

Sesuaikan dengan cell database anda dalam input rumusnya ya. Lakukan cara tersebut untuk cell selanjutnya sampai pada kolom G

Langkah tambahan

Sebenarnya ini trik shortcut yg fungsinya hanya sebagai cross check aja sih jadi untuk langkah ini mungkin bisa diabaikan saja namun langkah ini juga sebagai information buat anda loh jd sayang juga untuk dilewatkan.

Excel Vlookup (15)

Pada cell kosong ato terserah deh posisikan dimana aja lalu anda click tombol pada keyboard “Ctrl+~

keyboard

Hasil akhirnya nih:

Excel Vlookup (16)

Yang mau mendownload file excelnya click icon dibawah ini:

Semoga bermanfaat ya tutorial saya ini.Thanks sudah mau mampir ke Blogku :)

2 Comments

  1. adistya
    Jan 17, 2013

    saya ingin bertanya. saat saya ingin memasukkan source dari sheet yang berbeda,ternyata kursor tidak mau berpindah ke sheet yang satu lagi.padahal sourcenya terdapat di sheet satunya.itu bagaimana penyelesaiannya?terima kasih

    • bellater1x
      Apr 3, 2013

      saya kurang paham pertanyaannya yg mas tanyakan itu.kursornya G mau pindah ke sheet yg berbeda kan bisa diakalin dengan membuat nama sheet jd simple agar bisa diketik manual saja mas.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*