Print Screen dengan mudah

Sudah banyak aplikasi untuk bisa mengambil gambar dari layar PC/Laptop anda, dahulu saya sendiri hanya menggunakan tombol “Prt Sc” atau “Print Screen” yang ada di keyboard lalu saya mem-paste-nya di aplikasi “Paint”. Tapi semenjak saya menggunakan aplikasi yang bernama “Duck Link Screen Capture” pekerjaan saya dalam hal mengambil gambar dari layar laptop saya sekarang jadi lebih mudah & yang pasti tertata dengan baik. Berikut sedikit ulasan dari saya:

Aplikasi ini sifatnya freeware alias GRATIS brooo, jadi anda tidak perlu repot lagi mencari crack/patch/serial numbernya :lol:

Ini adalah tampilan dari aplikasi “Duck Link SC”. Anda bisa melakukan sedikit pengaturan pada “Advanced Options”, pengaturan tersebut seperti:

Include curor : cursor/pointer akan ikut ter-capture

Use instant system tray popup button panel : biarkan dalam kondisi tercentang, karena ini memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dari hasil capture/print screen kita.

Automatically run DuckCapture when I log on to Windows : jika opsi ini di pilih maka aplikasi “DuckCapture” akan otomatis di jalankan pada saat komputer/laptop anda di aktifkan.

Close to system tray icon : aplikasi akan berada pada status standby dengan terlihat icon camera warna hijau di system tray (di dekat lokasi jam pada tray bar anda).

Automatically check for updates and notify me : Sebaiknya anda un-check saja hal ini untuk meringankan koneksi internet anda.


Pada tab “Output File” anda bisa mengatur dimana posisi file setelah anda melakukan print screen. Disini saya biasanya menaruhnya di bagian desktop agar memudahkan saya dalam pengecekan file tersebut. Selain itu anda bisa mengatur format dari gambar hasil print screen apakah .Bitmap (BMP), .JPG (JPEG image), atau .PNG (Portable Network Graphics). Pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda saja.


Oia pada opsi “Automatic save to folder” anda bisa mengatur format nama dari gambar hasil print screen, caranya click tombol “Options” lalu anda lihat kolom Format, dibagian itulah anda bisa melakukan pengaturan format nama dengan memperhatikan kolom “Tips” yang ada di sebelah kanan sebagai informasi singkatnya.

Pada tab “Keyboard” anda bisa mengatur short-cut untuk melakukan perintah print screen. Biasanya pada bagian “Full Screen” saya memilih tombol “Print Screen” sebagai short-cut :) dan untuk bagaian lain bisa anda atur sesukanya asal jangan membuat anda bingung saja.


Jika anda meng-click icon camera pada system tray maka akan muncul pop up untuk memilih mode print screnn. Disana terdapat 5 mode print screen, khusus untuk fitur “scrolling” yang terletak 2 dari kanan tsb maksudnya meng-capture halaman website secara menyeluruh jadi anda bisa melihat hasil gambar print screen area dari website tanpa perlu men-scroll kebawah lagi :D


Aplikasi ini tersedia juga untuk OS Macintosh loh 8-O jadi anda tidak perlu khawatir. Sedangkan untuk windows XP,Seven, Vista, ato bahkan eight pilihlah pada versi windows.


Gambar diatas adalah hasil dari print screen dengan mode : Polygon

Sebagai tambahan, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi “Watermark Studio” sebagai pelengkap dari aplikasi print screen. Aplikasi ini memudahkan anda memberikan watermark pada gambar koleksi anda yang ingin di sebarluaskan agar tidak di plagiat ato pengambilan hak cipta anda oleh orang lain

Untuk mendownload aplikasi “Duck Link Screen Capture” pada link berikut ini:

Size: 5.86Mb
Version: 2.7

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*